PANGKEP — Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) mengunjugi Masjid Nurul Huda Kecamatan Labakkang, dalam kunjugan tersebut MYL menyerahkan bantuan dana ke pengurus pembangunan masjid Sebesar Rp 50 juta, Minggu (19/9/2021).

Dihadapan pengurus Masjid Nurul Huda Labakkang dan jemaah, MYL menyampaikan bahwa Pemkab Pangkep berkomitmen memberikan bantuan pembangunan rumah ibadah.

Namun, kata dia, pembangunan masjid harus dibarengi dengan komitmen untuk memakmurkan masjid dengan shalat berjamaah dan kegiatan keagamaan lainnya.

“Saya selalu tekankan, setelah masjid dibangun, diminta kepada warga agar selalu salat berjamaah bersama. Karena percuma masjid besar dan indah tapi tidak digunakan.

Bupati juga meminta kepada pengurus masjid, gunakan bantuan ini benar-benar untuk pembangunan. Saya tidak mau dengar. tentang penyalahgunaan dana pembangunan masjid,” ujarnya.

Usai menyerahkan dana pembangunan masjid, MYL melanjutkan kegiatannya menyalurkan bantuan beras kepada warga yang terpapar Covid-19, di sejumlah desa.

Bantuan Beras tersebut dari Dinas Sosial Pangkep seberat masing-masing warga yang terpapar covid mendapatkan 11,2 kg.

Bantuan beras ini, kata MYL, diberikan bukan karena status mampu atau tidak mampu. Namun, diserahkan kepada warga yang terpapar Covid-19 berdasarkan data dari tim Gugus Tugas Covid-19.

Bupati MYL melanjutkan kegiatan pemberian bantuan bak air kepada masyarakat.

Ada 41 tangki air, 31 di antaranya bersumber dari BPBD dan 10 lainnya adalah bantuan pribadi MYL.

Usai penyerahan tangki air, MYL menekankan agar bantuan yang diterima harus dijaga dengan baik.

Dia juga menegaskan dengan tegas bahwa bantuan ini tidak untuk dijual kembali. Sebab, setiap kali pihaknya akan mengirimkan tim yang akan mengecek kembali bantuan yang telah diserahkan kepada masyarakat.

Melalui bantuan tangki air, lanjutnya, diharapkan bisa menjadi salah satu solusi pemenuhan air bersih. Ia juga berupaya agar bantuan bisa merata.

Saat ini, pihaknya terus memaksimalkan bendungan Tagari sebagai sumber air PDAM untuk disalurkan ke masyarakat. Namun, lanjutnya, saat ini masih membutuhkan proses. (Mcpangkajene)

Pelantikan dan Upgrading HMI MPO Pangkep

Pangkep – Himpunan Mahasiswa Islam-Majelis Penyelamat Organisasi (HMI MPO) Cabang Pangkep gelar pelantikan dan upgrading. Kegiatan tersebut berjalan sesuai anjuran protokol kesehatan yang berlansung di Aula Rujab Bupati Pangkep, Pangkajene, Minggu (19/9) kemarin.

Dalam kegiatan tersebut pengurus HMI MPO Cabang pangkep mengangkat tema, “Kolaborasi dalam akselerasi gerakan HMI berjuang mewujudkan insan ulul albab dan masyarakat yang diridhoi Allah SWT”.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Ketua Komisi Intelektual dan Peradaban PB HMI MPO Muhajir MA, Ketua HMI MPO Badko Sulselbar Nasrun Sibela, staf ahli ekonomi pembangunan Akbar Yunus yang mewakili langsung  yam mewakili Bupati Pangkep, Kodim 1421 Pangkep Letkol Inf Hengky Vantriardo, Sekum MD KAHMI Pangkep  Yunda Suhartini Suaedy yang mewakili Kordinator Presidium MD KAHMI, dan Kasat Intel yang mewakili Kapolres Pangkep.

Ketua HMI MPO Cabang Pangkep Muhammad Fajri berharap kegiatan ini bisa berjalan sebagai mana mestinya, tentunya pada kegiatan tersebut mematuhi protokol kesehatan.

“Semoga pelantikan dan upgreding ini bisa menjadi proses awal dalam menjalankan kegiatan-kegiatan organisasi sebagaimana mestinya menjadi tempat proses kaderisasi,”ungkapnya.

“Harapan saya, kepada senior HMI agar bisa memberikan saran dan arahan, ketika ada kesalahan yang kami lakukan mohon bimbingannya,” tambah dia.

Senada dengan itu, Ketua Badko Sulselbar Nasrun Sibela menyampaikan harapan kepada ketua cabang dan jajaran kepengurusannya yang baru dilantik, kiranya amanah dan tanggung jawab yang harus dikerjakan sebagaimana mestinya.

“Amanah ini akan dipertanggungjawabkan di dunia maupun akhirat,” kata dia.

Sementara itu, Muhajir MA selaku Ketua Komisi Intektual dan Peradaban PB HMI MPO sekaligus melantik langsung pengurus baru.

Dalam sambutannya, ia mengatakan HMI MPO Cabang Pangkep adalah salah satu cabang tertua dan sudah senior.

“Semoga HMI MPO Cabang Pangkep bisa lebih berkembang lagi. Saya harap dari sisi internal, kuantitas dan kualitas kader bisa ditingkatkan lagi. Untuk itu perlunya perkaderan lebih dimasifkan lagi, termasuk menyasar kampus-kampus yang belum ada kader HMI MPO di sana. Di sisi lain, aspek eksternal juga perlu jadi perhatian,” pesan Muahjir.

Lanjut dikatakn, dimensi kritis HMI MPO tak boleh ditinggalkan oleh para pengurus.

“Jika ada hal yang perlu dikritisi, maka berteriaklah sekencang-kencangnya. Namun, ingat kolaborasi juga penting baik kolaborasi sesama OKP maupun dengan pemerintah sejauh program kolaborasi tersebut untuk masyarakat dan tak mengurangi independensi HMI,” pungkas dia.

Akbar Yunus selaku Staf Ahli Ekonomi Pembangunan yang mewakili Bupati Pangkep mengajak HMI MPO Cabang Pangkep menjadi mitra kritik kepada pemerintah, karena berdirinya HMI tentunya hadir untuk memberikan kontribusi dan ide-ide kepada bangsa ini.

“Kami mengajak HMI MPO Cabang Pangkep untuk bekerjasama dalam penanganan Covid-19, salah satunya membantu pemerintah dalam melaksanakan vaksinasi,” kata Akbar.

“HMI Cabang Pangkep juga harus terlibat langsung karena ini adalah bentuk kontribusi kepada daerah maupun bangsa kita ini agar cepat pulih dari pademi Covid-19, dan banyak yang harus dikolaborasikan di luar dari pada ini,” tambah Akbar.

Diketahui, kegiatan tersebut juga dihadiri beberapa OKP yang ada di Kabupaten Pangkep, dan acara berjalan aman dan lancar hingga selesai berakhir dengan hangat. (Mcpangkajene)

Pangkep – PT Semen Tonasa berhasil meraih penghargaan dari ajang Asia Pasific Quality Organization (AQPO) International Conference ke-26, yang digelar pada 13-16 September 2021. Kegiatan ini diadakah secara virtual dari Perth, Australia.

Dalam event inovasi Asia Pasific kali ini, PT Semen Tonasa mengirimkan dua Tim Inovasi, yaitu QCP Heat dan QCC Mistis.

QCP Heat hadir dengan inovasi yang mampu memanfaatkan Consumption Figure Batu Bara. Dampaknya, inovasi ini selain dapat menekan biaya bahan bakar, juga dapat meningkatkan performance Kiln serta ramah lingkungan. Ide ini sendiri juga sudah dalam proses pengajuan paten. Sementara itu inovasi QCC Mistis mampu menghilangkan frekuensi downtime dari 74 kali menjadi 0 kali di inlet kiln gas analyzer selama 7 (tujuh) bulan. Hasilnya, kedua tim yang mewakili PT Semen Tonasa tersebut berhasil menyabet peringkat tertinggi kategori 3 bintang (Three Star).

Semen Tonasa merupakan perusahaan persemenan terkemuka di Indonesia Timur yang memiliki visi yaitu menjadi perusahaan persemenan terkemuka di Indonesia yang efisien dan berwawasan lingkungan. Dalam rangka memenuhi visi tersebut perlu dilakukan improvement guna meningkatkan tingkat efisiensi perusahaan.

Direktur Utama PT Semen Tonasa Mufti Arimurti menyampaikan, “Sebagai perusahaan yang menjadikan inovasi sebagai DNA-nya, PT Semen Tonasa selalu berusaha melahirkan berbagai inovasi di segala bidang. Baik yang berbentuk improvement maupun breakthrough.”

“Manajemen senantiasa mendorong serta mendukung segala upaya kreatif, yang dapat meningkatkan nilai perusahaan di mata stakeholder. Terlebih di era hyper-competitive seperti saat ini.” lanjutnya

Ari menambahkan, “Kedua inovasi ini mampu menciptakan efisiensi biaya bagi perusahaan. Untuk QCP Heat dapat menciptakan efisiensi sebesar Rp 633 juta/bulan atau Rp 7,16 Milyar/tahun. Sedangkan QCC Mistis, mampu meng-create efisiensi Rp 1 Milyar.”

“Penghargaan ini adalah bukti bahwa PT Semen Tonasa terus berupaya untuk meningkatkan mutu dan produktivitas perusahaan, melalui inovasi-inovasi yang dilakukan para karyawannya,” ucapnya. (Mcpangkajene)

Kodim 1421 Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana

PANGKEP -- Kodim 1421 Pangkep menggelar sosialisasi pembinaan masyarakat tanggap bencana.

Kegiatan berlangsung di aula Makodim 1421 Pangkep, Kamis(16/9/21).

Kasdim 1421 Pangkep Mayor Inf Simon Martes, mengatakan, kegiatan ini merupakan program TNI AD khususnya Kodim 1421 Pangkep dalam melaksanakan pembinaan terhadap Babinsa dalam rangka membangun kerjasama dengan BNPB.

Lanjutnya, BNPB sengaja dihadirkan dalam kegaiatan. Dikarenakan, secara tehnis BNPB yang tau terkait pelaksanaan.

"Kita mengharapkan, sinergi yang terbangun bisa berjalan. Sehingga kita bisa terbebas dari bencana. Begitu ada kejadian, tim ini bisa langsung bergerak,"lanjutnya.

Kedepan, akan terus dilakukan latihan baik secara teori maupun praktik lapangan.

"Rencana kedepan, BNPB Pangkep akan kolaborasi dengan Kodim untuk pengerukan saluran yang menjadi salah satu penyebab banjir,"katanya.

Sekretaris BNPB Pangkep, Ridwan menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan sosialisasi ini. (Mcpangkajene)

Pangkep – Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL) menginginkan terwujudnya pemerataan pembangunan pada semua wilayah, dataran rendah, dataran tinggi atau pengunungan dan wilayah kepulauan.

Hal itu diungkapkan saat membuka orientasi pendampingan penyusunan doumen Renstra tahun anggaran 2021-2026 dinas pekerjaan umum (PU) dan dina penataan ruang, di salah satu hotel di Makassar, Kamis (16/9) kemarin.

Pembangunan katanya, tidak boleh hanya difokuskan pada wilayah perkotaan saja. Akan tetapi, merata pada wilayah pegunungan dan wilayah kepulauan.

“Semua wilayah harus diperhatikan. terutama di kepulauan, apa hal strategis yang akan kita rencanakan dan berikan. Perhatian lebih untuk yang ada di pulau dan pegunungan,” katanya.

Selain itu, Bupati MYL menginginkan perwajahan baru pembangunan Pangkep. Ia mengatakan, saat ini pembangunan di Pangkep cukup baik. Akan tetapi, tetap memerlukan sentuhan perubahan ke arah yang lebih baik lagi.

Mantan ketua DPRD Pangkep itu menginginkan, pembangunan monumental untuk dinikmati masyarakat.

Namun yang terpenting lanjutnya, ia menargetkan Pangkep harus terbebas dari banjir. Meski diakui, untuk mengatasi banjir butuh kerja keras semua pihak.

Ia juga menekankan kepada pihak dinas PU dan Tata ruang agar lebih selektif dalam menentukan rekanan. Agar, bangunan yang dihasilkan nantinya dapat bertahan lama untuk dinikmati dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Ingat, jangan sampai ada kontraktor nakal. Seleksi dan awasi dengan baik setiap tahapan pembangunan,” tegas dia.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan, Parlina menyampaikan, kegiatan akan berlangsung selama tiga hari. Diikuti 47 peserta dari dinas PU, dinas tata ruang dan dinas pemukiman.

Sementara, nara sumber dari Bappeda, DPKD dan Bagian hukum Pemerintah daerah. (Mcpangkajene)

Pangkep – Pangkep menjadi tuan rumah pelaksanaan Pra pekan olahraga provinsi (Praporprov) Sulawesi selatan, cabang olahraga (cabor) catur.

Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Provinsi Sulawesi Selatan, Dr Hamka mengatakan, Praporprov Catur di Pangkep diikuti 21 kabupaten/kota ditambah Pangkep selaku tuan rumah. Sementara, Bulukumba dan Sinjai tidak ikut karena lolos otomatis selaku tuan rumah.

22 kabupaten/kota ini memperebutkan delapan kuota kabupaten/kota terbaik yang akan bertanding pada Porprov 2022 di Bulukumba – Sinjai.

Sementara itu, kategori yang dipertandingankan catur cepat dengan durasi 25 menit, catur kilat durasi lima menit dan catur standar 1 jam.

“Masing-masing kategori akan mempertandingkan kelompok senior, veteran diatas 56 tahun, junior dan kelompok putra-putri,” katanya.

Dia juga menegaskan persayaratan wajib ikuti Praporprov ini, seluruh peserta kontingen harus divaksin dan swab antigen.

Penyambutan perwakilan kontingen oleh Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) di aula rumah jabatan bupati Pangkep, Rabu (15/9/21).

Bupati MYL menyampaikan selamat datang kepada seluruh kontingen di kabupaten Pangkep.

Mantan ketua DPRD itu mengingatkan kepada seluruh kontingen untuk menjunjung tinggi sportifitas.

“Selamat datang di Pangkep, selamat bertanding. Kita junjung tinggi sportifitas,” katanya. (Mcpangkajene)

Page 1 of 23

 Alamat  :  Dinas Kominfo Kab. Pangkep

 Email     :  pangkeptv@pangkepkab.go.id