Admin

Admin

Pangkep – Hujan lebat disertai angin kencang selama 3 hari belakangan di Kabupaten Pangkep, mengakibatkan terjadinya banjir atau genangan air di beberapa titik, Selasa 7 Desember 2021.

Melihat bencana dan situasi tersebut, PT Semen Tonasa menurunkan Tim Reaksi Cepat untuk membantu evakuasi korban banjir serta meringankan musibah yang dirasakan oleh para korban.

Dari pantauan, sejak Selasa sampai Rabu Pagi Tim Reaksi Cepat tanggap bencana Semen Tonasa membantu proses evakuasi korban banjir dengan menurunkan 2 unit Truk untuk mobilisasi warga terdampak serta 1 unit mobil double cabin untuk distribusi cepat bantuan serta transportasi tim relawan. Selain itu, Semen Tonasa juga mengerahkan 4 unit perahu karet untuk evakuasi warga yang terjebak banjir.

Untuk kebutuhan pangan, PT Semen Tonasa juga mendistribusikan 1.600 paket makanan siap saji serta menyerahkan paket sembako ke posko bencana di Desa Biring Ere dan Kelurahan Samalewa.

General Manager Komunikasi dan Hukum PT Semen Tonasa Said Chalik saat di konfirmasi media SimpulRakyat.co.id mengatakan, selain program bantuan korban banjir, PT Semen Tonasa juga berfokus pada layanan evakuasi warga, pendampingan pemeriksaan pasien di pengungsian, dan distribusi logistik, Rabu (8/12/2021).

“Kami atas nama perusahaan menyampaikan empati dan simpati kepada seluruh warga terdampak. Termasuk diantaranya beberapa karyawan kami. Ini saatnya kita turun bersama-sama membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan. Semoga bencana banjir segera berlalu.” ujarnya. (Mcpangkajene)

Pangkep – Vaksin massal dan bakti sosial yang dirangkaikan peringatan hari Ibu dan hari ulang tahun Dharma wanita di Puskesmas pundata Baji, yang berslogan “Vaksin aman dan halal, Tidak vaksin tidak keren, Sehat selalu, Siniki yang belum vaksin. Sehat selalu tuo malampe sengera,” dilaksanakan di Pundata Baji kecamatan Labakkang, Pangkep (21/11/2021).

Ikut terlibat dan koordinasi langsung dalam penanganan pelaksanaan vaksinasi ini, Kadis Kesehatan Kabupaten Pangkep Hj. Herlina, Camat Labakkang H. Abd. Haris, Kapolsek Labakkang Junardi, Danramil Labakkang Samsul Saenuddin, Kepala Puskesmas Labakkang Sumarni, Lurah Pundata Baji Muh. Nasir.

Program vaksinasi sempat mendapat kunjungan penyemangat dan menyerahkan beberapa paket bantuan dari ibu Ketua TP PKK Kabupaten Pangkep Nurlita Wulan Purnama Muhadu didampingi para Isteri Forkopimda, Isteri Pimpinan OPD, IWAPI bersama rombongan beserta jajaran dan lainnya.

Menurut Lurah Pundata Baji Muh Nasir atau lebih dikenal dengan sapaan Anggi sebagai tuan rumah mengatakan bahwa sukses dari pelaksanaan vaksinasi tingkat kabupaten yang dipusatkan di kelurahan Pundata Baji ini berkat kerjasama yang baik dari seluruh jajaran pemerintahan di tingkat kecamatan dan dinas terkait hingga tingkat kabupaten serta kesadaran masyarakat yang sudah semakin tinggi antusias masyarakat untuk datang mengikuti vaksin.

Sementara menurut Camat labakkang H Abd. Haris bahwa kalau kita melihat masyarakat sudah antusias untuk mengikuti vaksin khususnya yang ada di wilayah Puskesmas ini, kita sudah siapkan dari kemarin untuk pasien, disamping juga memang merupakan hari Ibu dan ulang tahun dharma wanita, hingga begitu ramai.

Sejak tadi pagi meskipun hujan lebat namun pendaftar sudah 500 untuk mengikuti vaksin pertama dan kedua, semangat warga ini karena dari pihak pemerintah Kecamatan, Puskesmas, Polsek, Koramil dan yang lain kami saling bantu siapkam sedikit sembako untuk warga yang sudah vaksin.

“Olehnya itu kepada semua pihak yang telah membantu masyarakat,  kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Ucap Camat Labakkang ini.”

Ketua TP PKK Nurlita Wulan Purnama Muhadu, mengatakan bahwa program vaksinasi yang sementara berlangsung di desa Pundata Baji ini adalah merupakan program pemerintah yang menjadi tanggung jawab kita semua untuk mensukseskan demi meningkatkan imun dan kesehatan masyarakat untuk antisipasi covid-19.

Kebetulan hari ini, kita juga dalam rangkaian hari Ibu dan ulang tahun dharma wanita dan beberapa rangkaian kegiatan lainnya yang masih akan kami kunjungi untuk berbagi ke panti asuhan setelah kegitan ini. Tutupnya. (Mcpangkajene)

 

Pangkep – Kabupaten Pangkep meraih anugrah keterbukaan informasi publik tahun 2021.

Pangkep masuk kategori cukup inovatif dalam rangka keterbukaan informasi publik.

Penghargaan diterima langsung oleh wakil bupati Pangkep, Syahban Sammana, Rabu  (15/12/2021).

Dikatakan Syahban, dengan penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi untuk terus meningkatkan layanan, khususnya keterbukaan informasi publik.

Kedepan lanjut Syahban, diharapkan pula Pangkep dapat meraih penghargaan yang lebih tinggi dibandingkan tahun ini.

“Tahun ini kita raih kategori cukup inovatif, kedepan kita harapkan meraih kategori menuju inovatif bahkan inovatif,”ucapnya.

Penghargaan diserahkan oleh Plt gubernur SulSel Andi Sudirman Sulaiman diwakili oleh Sekertaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Hayat Gani.

Dikatakan Abdul Hayat Gani, tujuan dari kegiatan ini bagaimana mendapatkan dan memberikan informasi yang sehat kepada masyarakat.

“Sehingga program pemerintah terkait pelayanan publik dan pembangunan daerah betul-betul transparan serta secara akuntanilitas dapat dipertanggung jawabkan,”katanya.

Penghargaan juga diterima oleh desa Panaikang, sebagai desa cukup inovatif.

Anugerah keterbukaan informasi publik tahun 2021 dilaksanakan oleh komisi informasi provinsi Sulsel. (Mcpangkajene)

Pangkep – Pemerintah Kabupaten Pangkep mulai mendistribusi bantuan Sembako ke sejumlah rumah warga yang terdampak Banjir, Selasa (7/12) malam.

Bantuan sembako tersebut disalurkan melalui tim BPBD Pangkep dan yang lainnya.

Adapun bantuan ini berupa, mie instan, telur, popok bayi, dan beras.

Pemerintah Kabupaten Pangkep juga menyediakan dapur umum di area Islamic Center Pangkep.

Selain Pemkab Pangkep, beberapa komunitas sosial seperti I Am Center, juga turut serta menyediakan bantuan makanan siap saji dan mulai didistribusikan malam ini ke sejumlah rumah warga yang terdampak banjir.

Sebelumnya, Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL) meninjau titik banjir tergenang yang terjadi di Kabupaten Pangkep sejak kemarin dan hari ini, Selasa, 7 Desember 2021.

MYL bersama rombongan Wakil Bupati Pangkep  Syahban Sammana dan Dandim 1421 Pangkep dan pihak kepolisian menerobos genangan air yang sudah setinggi lutut orang dewasa. Selain itu MYL juga menemui warga yang terdampak.

“Tadi saya meninjau langsung melihat kondisi banjir dan genangan di sejumlah titik yang terjadi di Kabupaten Pangkep,” kata MYL.

Lanjutkan dikatakan, dirinya telah menginstruksi kepada tim BPBD dan gabungan agar tetap mantau perkembangan yang terjadi.

“Tadi saya juga memantau posko darurat dan tim, memastikan agar kebutuhan dan segala macamnya, tersedia,” ujarnya.

Dia juga berharap, agar masyarakat bahu-membahu bersama tim dan pemerintah menghadapi musibah yang terjadi.

Diketahui curah hujan dengan intensitas tinggi terjadi di Kabupaten Pangkep sejak kemarin, Senin, 6 Desember 2021 hingga hari ini. (Mcpangkajene)

Pangkep – Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) bersama Forum Komunikasi Pimipinan Daerah (Forkopimda) memantau pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di desa Bulu Cindea dan Bowong Cindea, Kamis (4/11).

Bupati MYL berpesan kepada masyarakat, agar Pilkades berjalan aman, sehat dan bebas Covid-19.

Mantan ketua DPRD Pangkep itu mengatakan, siapapun nanti yang terpilih sebagai kepala desa. Itulah pemimpin pilihan rakyat. Dan meminta warga untuk bersatu, bergotong royong membangun desa.

Tegas ia sampaikan, agar Pilkades tidak membuat perpecahan. Sebab, Pilkades merupakan proses demokrasi, sehingga apapun hasilnya harus diterima.

“Siapapun nanti terpilih, itulah hasil pilihan rakyat. Kita boleh beda pilihan, tapi persatuan dan silaturrahmi yang utama,” katanya dihadapan warga.

Ia juga mengajak masyarakat untuk tetap patuh dan disiplin menjalankan protokoler kesehatan serta ikut vaksinasi.

Kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (DPMD) Pangkep, Abd Haris Has menyampailakan, proses pencoblosan berjalan aman dan lancar.

Antusias masyarakat pun, sangat tinggi dalam menyalurkan hak suara. Selain itu, pihak penyelenggara menyiapkan gerai vaksin di samping TPS.

Diketahui, Pilkades serentak berlangsung hari ini di 27 desa di Pangkep. (Mcpangkajene)

 

Pangkep – Sebanyak 27 kepala desa (Kades) terpilih, hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang digelar 4 Nopember lalu, resmi dilantik.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kades terpilih, oleh bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) dilaksanakan di ruang pola kantor bupati, Rabu (22/12/2021).

Bupati MYL menyampaikan selamat kepada kepala desa terpilih.

Bupati MYL menekankan, agar segera melakukan penyatuan dan eratkan kembali masyarakat. Karena kepala desa adalah pelayan masyarakat sebagai abdi negara abdi masyarakat tidak boleh membedakan antara yang memilih dan yang tidak memilih.

Mantan ketua DPRD Pangkep itu juga mengingatkan, saat ini Pemkab Pangkep masih memiliki pekerjaan rumah.

Diantaranya, penanganan dan pencegahan stunting serta percepatan vaksinasi. Pencegahan dan penanganan stunting. Perilaku hidup bersih dan sehat melalui program jambanisasi. Pengentasan kemiskinan. Perlindungan perempuan dan anak. Kebersihan lingkungan.

Ia juga berpesan agar pengelolaan anggaran dilakukan dengan baik dan transparan serta hindari KKN.

“Selamat atas pelantikannya. Jadilah pemimpin yang amanah bagi semua masyarakat di desa masing-masing. Lahirkan inovasi, kembangkan desa dengan potensi yang ada. Selamat bekerja. Jadilah pempimpin yang berwibawa, inovatif dan aspiratif karena di era keterbukaan ini kepala desa tidak boleh risih terhadap keluhan atau pertanyaan warga. Kades harus responsif terhadap tuntutan dan kebutuhan warga desa,”katanya.

Selain pelantikan Kades terpilih, dilantik pula TP PKK desa oleh ketua TP PKK Kabupaten Pangkep Nurlita Waulan Purnama.

Kapala bidang Pemdes, Zulfadli mengatakan, Dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (DPMD) Pangkep selaku OPD penyelenggara Pilkades menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja dan bersinergi hingga seluruh tahapan Pilkades berjalan lancar.

” Alhamdulah, hari ini telah berlansung puncak seluruh rangkaian pemilihan kepala desa serentak di 27 desa yang telah di gelal pada 4 November 2021. Tentunya hal ini dapat terlaksanan dan berjalan dengan lancar aman dan bebas Covid-19 tidak terlepas dari kerja keras dari seluruh pihak , jajaran Polres Pangkep, jajaran TNI, Satpol PP, satgas Covod-19, Dinas Kesehatan sampai Puskesmas. Panitia tingkat Kabupaten, kecamatan, desa, KPPS, penjabat kepala desa, BPD, NGO organisasi kepemudaan. Dan terkhusus kepada forkopimda dan pimpinan serta anggota DPRD Pangkep yang tidak henti-hentinya memberikan masukan dan pertimbangan mulai sejak penetapan jadwal hingga pelaksanaan pelantikan kepala desa,”jelasnya. (Mcpangkajene)

 

Page 1 of 5
We use cookies to improve our website. Cookies used for the essential operation of this site have already been set. For more information visit our Cookie policy. I accept cookies from this site. Agree