Tips Menangkal Berita Hoax Versi Kabid Info Publik Diskominfo Pangkep

11 April 2020 Author :  

Pangkep TV, Diskominfo - Maraknya informasi atau berita hoax saat ini, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Pangkep Adil M Alwi menilai ada tiga alasan mengapa seseorang menshare berita hoax, di antaranya adalah faktor ketidak-tahuan, cemas terhadap berita yang  didapatkan, dan faktor kesengajaan untuk suatu kepentingan. 

"Oleh karenanya sebelum kita menshare berita sebaiknya kita baca terlebih dahulu secara cermat. Tidak hanya itu, dalam membaca berita kita jangan hanya terpaku pada satu laman saja, minimal lima laman sebagai rujukan atau bahan referensi,"

Ia juga menjelaskan bahwa berita hoax yang tersebar di media sosial biasanya dishare melalui akun-akun yang free (tidak berbayar), lalu untuk meminimalisir agar berita hoax tidak menyebar lebih luas adalah dengan tidak mensharenya sebelum diteliti kebenarannya.

Menurutnya, berita hoax hanya akan menimbulkan kerusuhan, perpecahan dan permusuhan. Dan, menyesatkan pembaca. "Mari bijaklah dalam berinformasi, cerdas dan klarifikasi kebenaran sebelum mencernah suatu informasi atau berita,"imbaunya. (ptv)

115 Views
Aswar

 Alamat  :  Dinas Kominfo Kab. Pangkep

 Email     :  pangkeptv@pangkepkab.go.id